Tim PKM Farmasi Unimuda Sorong kembali menoreh Prestasi di PKM 2022

Tim PKM Farmasi Unimuda Sorong kembali menoreh Prestasi di PKM 2022

Farmasi UNIMUDA Sorong | Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu ajang bergengsi bagi para mahasiswa sebagai wadah untuk menyalurkan potensinya. Ajang yang sudah berlangsung sejak lama ini diikuti oleh berbagai universitas yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong.

Program Kreativitas Mahasiswa adalah kegiatan untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong kembali menorehkan prestasinya melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2022. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam surat pengumuman bernomor 2489/E2/KM.05.01/2022 itu menyebutkan, sebanyak 5 judul proposal PKM mahasiswa Unimuda Sorong berhasil meraih insentif pendanaan. Hal ini merupakan peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya 4 proposal lolos pendanaan.

Hasil yang diperoleh tak lepas dari kerja keras mahasiswa, dukungan pimpinan universitas ,fakultas dan dosen pembimbing PKM Unimuda.

Kepala Lembaga Kemahasiswaan Ibu Aldila Mawanti Athirah, M.Si. memberikan apresiasi kepada para mahasiswa yang berhasil lolos pendanaan.

Selamat kepada tim mahasiswa dan dosen pendamping yang mendapatkan pendanaan PKM 2022. Dari 32.395 total proposal seluruh Indonesia dan ada 60 proposal yang Unimuda ajukan, alhamdulillah ada 5 proposal yang lolos pendanaan tahun ini. Ini menjadi bukti nyata bahwa kampus kita Unimuda Sorong patut diperhitungkan sesuai dengan tagline kami “Mental Petarung, Tradisi Juara”. Semoga dimudahkan dan dilancarkan dalam berkontribusi hingga lolos PIMNAS”

Unimuda Sorong berhasil mendapatkan intensif pendanaan pada dua bidang PKM yaitu 4 Proposal PKM-RE dan 1 Proposal PKM-K. Dari ke 5 proposal yang lolos, Tim PKM dari Program Studi Farmasi UNIMUDA Sorong berhasil mendapatkan kesempatan menuju tahap berikutnya. Ada 2 judul dari Tim PKM Farmasi UNIMUDA Sorong yang berhasil lolos diantaranya  "Pengaruh Buah Merah (Pandanus conoideus lam) asal Sorong Papua Barat Terhadap Antihiperglikemia pada Mencit (Mus Musculus) dan Formulasi  dan Uji Efektivitas Sediaan Gel Sunscreen Ekstrak Etanol Buah Merah (Pandanus conoideus lam) Secara In Vitro dan In Vivo. Kedua judul tersebut masing - masing dibimbing oleh Irwandi, M.Farm dan apt. Nurhidayah Sarifuddin, M. Farm. Selanjutnya para mahasiswa akan melakukan aktivitas lapangan, lalu menyusun laporan yang akan dinilai sebagai syarat untuk bisa bertarung di ajang yang lebih tinggi yaitu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tahun 2022.