SEBELUM MENERJUNGKAN MAHASISWA PKL, PROGRAM STUDI FARMASI UNIMUDA SORONG LAKUKAN PEMBEKALAN TERHADAP MAHASISWA FARMASI

SEBELUM MENERJUNGKAN MAHASISWA PKL, PROGRAM STUDI FARMASI UNIMUDA SORONG LAKUKAN PEMBEKALAN TERHADAP MAHASISWA FARMASI

FARMASI UNIMUDA SORONG || Program Studi Farmasi UNIMUDA Sorong melakukan pembekalan sebelum memberangkatkan mahasiswa untuk melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya dalam memberikan gambaran terkait proses yang akan dilalui oleh para mahasiswa yang akan melaksanakan PKL di apotek – apotek dan beberapa puskesmas yang ada di Sorong.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Kamis, 25 Agustus 2022 ini diikuti oleh Sekitar 30 mahasiswa yang akan diterjungkan ke masing – masing lokasi PKL yang telah ditentukan oleh program studi.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Program Studi Farmasi UNIMUDA Sorong, apt. Lukman Hardia, M.Si sekaligus menjadi pemateri dalam pembekalan tersebut. Beberapa dosen program studi Farmasi yang juga merupakan pendampingan lapangan turut serta dalam kegiatan pembekalan ini.

Ada dua materi yang disampaikan dalam pembekalan ini yakni materi Swamedikasi oleh bapak apt. Lukman Hardia, M.Si dan materi Standar Pelayanan Kefarmasian oleh ibu apt. Nurhidayah Sarifuddin, M.Farm.

“Pembekalan ini dilakukan agar para mahasiswa mendapatkan gambaran terkait pelaksanaan PKL dan juga para peserta atau mahasiswa yang nantinya akan melaksanakan PKL dapat mengetahui terkait Swamedikasi dan standar pelayanan kefarmasin baik itu di apotek maupun di Puskesmas” Ucap Lukman Hardia di sela – sela penyampaian materi.

Kegiatan PKL ini merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh para mahasiswa semester 5 khususnya program studi farmasi UNIMUDA Sorong. Sebagai Langkah dan upaya dalam menambah pengetahuan dan pengalaman mahasiswa sebagai tenaga farmasi yang nantinya akan berada di pelayanan Ketika telah selesai menempuh jenjang Pendidikan.

Kegiatan PKL ini diharapkan selain menjadi wadah belajar, juga dapat menjadi wadah Kerjasama antara pihak kampus dan beberapan elemen yang berkaitan dengan dunia kefarmasian. Sehingga nantinya bisa menjadi mitra dalam pengembangan institusi dan lebih khsus lagi pengembangan program studi farmasi Unimuda Sorong.

 

Penulis : AMM23