MENAMBAH SKILL, HIMAFAR UNIMUDA MENGADAKAN PELATIHAN PEMBUATAN SEDIAAN HERBAL

MENAMBAH SKILL, HIMAFAR UNIMUDA MENGADAKAN PELATIHAN PEMBUATAN SEDIAAN HERBAL

Tanaman herbal merupakan kekayaan hayati yang dimiliki Indonesia. Tanaman tersebut biasa diolah menjadi obat tradisional. Namun ternyata, tanaman obat tradisional lebih dulu eksis jika dibandingkan dengan pengobatan konvensional. Sehingga pengembangan pengetahuan tentang tanaman herbal harus terus dilakukan.

Salah satu bagian Farmasi yang terus dikembangkan adalah herbal. Negara  tropis seperti Indonesia memiliki berbagai tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat herbal. Permasalahan yang masih dirasakan adalah bagaimana membelajarkan obat tersebut kepada mahasiswa farmasi. Sebagai upaya mengembangkan pemahaman terkait sediaan Herbal, Dosen Prodi Farmasi Unimuda, Ratih Arum Astuti, M.Farm bersama pengurus HIMAFAR Unimuda Sorong menggelar pelatihan pembuatan sediaan herbal. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 02 – 05 Mei 2022 tersebut bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih skill mahasiswa terkait pembuatan sediaan herbal. Selanjutnya output dari pelatihan tersebut nantinya akan dibawa pada kegiatan pengabdian masyarakat.

"Pelatihan semacam ini tentu akan memberikan dampak yang sangat positif. Apalagi jika bisa menghasilkan produk yang nantinya bisa dibagikan ke masyarakat sekitar. Selain bisa bermanfaat karena menghasilkan produk, mahasiswa yang terlibat juga dapat membantu memberikan edukasi terkait pemanfaat kekayaan alam yang dimiliki oleh Negeri kita ini.  Ucap Ratih Arum Astuti, M.Farm selaku dosen pembimbing dalam kegiatan tersebut."

 

Penulis : Admin