HIMAFAR : Pengabdian Masyarakat Sebagai Sarana Menyalurkan Ilmu Kepada Masyarakat

HIMAFAR : Pengabdian Masyarakat Sebagai Sarana Menyalurkan Ilmu Kepada Masyarakat

Program pengabdian masyarakat merupakan bentuk pembelajaran kepada mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar area kampus dan mampu menangani masalah yang berkaitan di masyarakat. selain itu, kegiatan pengabdian masyarakat dapat dijadikan sebagai saran untuk berbagi ilmu dari pelaku kegiatan untuk masyarakat. Dengan melakukan kegiatan pengadian masyarakat ini, dapat membantu masyarakat untuk memecahkan suatu masalah, dan juga dapat melatih pelaku kegiatan agar dapat bekerja sama dengan masyarakat sekitar untuk memecahkan suatu permasalahan.

18/06/2022 HIMAFAR melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan mengangkat tema "Pengelolaan, Budidaya dan Pengolahan Tanaman Obat Keluarga TOGA" yang berlokasi di Kelurahan Sawagumu, Km. 10, Kota Sorong. Kegiatan tersebut melibatkan HIMAFAR langsung sebagai panitia pelaksana, beberapa Tamu VIP yang salah satunya adalah Ketua Lurah Kelurahan Sawagumu Bapak Kukuh Buntoro ,S.IP, Bapak Irwandi selaku perwakilan dari Kepala Program Studi Farmasi, pemberi sambutan serta yang membuka kegiatan secara resmi Bapak Ronald. Soloss .SKM Selaku Ketua Dinas kesehatan serta beberapa peserta yang merupakan warga sekitar. Dalam kegiatan tersebut, ada penyampaian beberapa materi mengenai Pengelolaan Tanaman Obat Keluarga oleh salah satu dosen Program Studi Farmasi UNIMUDA Sorong kepada masyarakat, delanjutkan dengan kegiatan demonstrasi pembuatan produk dari beberapa tanaman obat keluarga. Beberapa produk yang telah dihasilkan adalah SAJAJA Sari Jamu Jahe, SAJATE Sari Jamu Temulawak, Masker dan Lulur dari Kunyit serta Permen yang terbuat dari sari jahe. 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi dengan mitra, mengenalkan HIMAFAR kepada masyarakat serta berbagi ilmu dari mahasiswa farmasi kepada masyarakat mengenai tanaman obat keluarga meliputi pengelolaan, budidaya serta pengolahan menjadi produk jadi. Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut berjalan dengan sukses berkat mahasiswa dari Program Studi Farmasi yang tergabung dalam HIMAFAR yang bekerja keras serta dukungan dari mitra, serta beberapa dosen yang mendampingi saat itu.

By. Mahasiswa Farmasi (Mahmud Sulthon)