3 TIM PKM Farmasi Unimuda Soron berhasil Lolos Pendanaan tahun PKM 2023

3 TIM PKM Farmasi Unimuda Soron berhasil Lolos Pendanaan tahun PKM 2023

Farmasi UNIMUDA Sorong | Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) sudah menjadi ajak tahunan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud. PKM merupakan salah satu kegiatan yang cukup bergengsi karena diikuti oleh seluruh kampus yang ada di Indonesia. Tentu ini menjadi peluang yang cukup menarik bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan skill di bidang penelitian sesuai juruan dan profesinya masing – masing.

Program Kreativitas Mahasiswa adalah kegiatan untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong kembali menorehkan prestasinya melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2023. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) dalam surat pengumuman bernomor 2383/E2/DT.01.00/2023 per tanggal 15 Juni 2023 itu menyebutkan, sebanyak 11 judul proposal PKM mahasiswa Unimuda Sorong berhasil lolos dan mendapatkan pendanaan. Hal ini merupakan peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya 5 proposal lolos pendanaan.

Unimuda Sorong berhasil mendapatkan intensif pendanaan pada 4 bidang PKM yaitu 4 Proposal PKM-RE, 5 Proposal PKM-PM, 1 Proposal PKM-K dan 1 Proposal PKM-RSH. Dari ke 11 proposal yang lolos, Tim PKM dari Program Studi Farmasi UNIMUDA Sorong berhasil mendapatkan kesempatan menuju tahap berikutnya. Ada 3 judul dari Tim PKM Farmasi UNIMUDA Sorong yang berhasil lolos ke tahap Pendanaan

  1. Uji Efek Antiinflamasi  Ekstrak Salep Sarang Semut Terhadap Luka Bakar Pada Punggung Tikus dengan Dosen Pembimbing apt. Angga Bayu Budiyanto, M.Farm
  2. Pengaruh Sediaan Gel Ekstrak Kulit Batang Matoa Terhadap Memar Pada Tikus Putih dengan Dosen Pembimbing A.M. Muslihin, S.Farm., M.Si.
  3. Efektivitas E-Liquid Daun Bungkus Terhadap Nyamuk Anopheles Penyebab Malaria dengan Dosen Pembimbing A.M. Muslihin, S.Farm., M.Si.

Selanjutnya para mahasiswa akan melakukan aktivitas lapangan, lalu menyusun laporan yang akan dinilai sebagai syarat untuk bisa bertarung di ajang yang lebih tinggi yaitu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tahun 2023.